Pages

Tuesday, August 29, 2006

Cara Mengatur Jarak Spasi Paragraf

Suatu dokumen terdiri dari beberapa kalimat yang menjadi suatu paragraf dan dalam dokumen terdapat lebih dari 1 paragraf. Agar dokumen terlihat rapi dan enak dilihat perlu dilakukan pengaturan spasi pada jarak antar barisnya (spasi) baik itu yang 1 spasi, 1,5 spasi dan 2 spasi. Semua itu adalah yang umum digunakan untuk spasi pada suatu dokumen.
Adapun cara untuk melakukan pengaturan jarak spasi adalah sebagai berikut: emoticon
  1. Klik menu Format
  2. Klik pada pilihan Paragaraph
  3. Pada kotak dialog Paragraph, klik pada Tab Indents and Spacing
  4. Pada tab tersebut terdapat pilihan Line Spacing, klik pada pilihannya dan tentukan
  5. Setelah selesai klik tombol OK.
Selain dengan cara manual diatas, dapat juga dilakukan dengan adanya shortcut keyboard (berlaku di Open Office dan Microsoft Office) yaitu :emoticon
  • Ctrl + 1 = 1 spasi
  • Ctrl + 2 = 2 spasi
  • Ctrl + 5 = 1,5 spasi
Jikalau shortcut keyboard tersebut tidak bisa digunakan itu artinya settingan shortcut keyboard yang ada belum di set untuk pengaturan spasi. Hal itu dapat diatur dengan memilih menu Tools - Customize - Tab Keyboard.
emoticonHidup Open Source Indonesia
emoticon
Open Office Indonesia

1 comment:

  1. min, untuk munculin kotak paragraph secara cepat lewat keyboard itu gimana min?

    ReplyDelete